Syeh Sadzali Rejenu murid Sunan Muria

Ziarah ke makam wali merupakan kegiatan Mbah Doel untuk memperoleh berkah karomah wali.

Salah satu makam wali yang digemari Mbah Doel adalah makam Syeh Sadzali Rejenu Pati. Yang terletak di daerah Colo Pati Jawa Tengah.

Colo merupakan kawasan wisata yang berada di Pegunungan Muria. Pegunungan Muria memiliki ketinggian sekitar 1.602 m dpl (di atas permukaan laut) dan merupakan kawasan dataran tinggi yang terdiri dari beberapa gunung atau bukit, antara lain: Gunung Argo Jembangan, Gunung Argo Piloso, Gunung Rahtawu, Bukit Pasar, dan Bukit Ringgit.
Nama colo sendiri diambil dari nama sebuah desa yang terletak di puncak Gunung Muria. Karena colo adalah nama yang konon diberikan secara langsung oleh Sunan Muria, maka nama inilah yang kemudian digunakan untuk menyebut kawasan wisata ini. Obyek wisata Colo merupakan sebuah kawasan yang memiliki beberapa obyek wisata yang secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu obyek wisata religius dan obyek wisata alam.

Sejarah Syeh Sadzali masih penuh misteri. Pengurus Yayasan setempat sedang mengumpulkan data. Yang mereka yakini, Syeh itu salah satu murid Sunan Muria yang konon berasal dari Irak.

Salah satu murid yang dikasihi karena memegang peranan penting ketika Sunan Muria mengadu kesaktian dengan Dampo Awang. Karena banyak yang iri kemudian tersisih atau disisihkan. Ada dugaan beliau menyingkir ke tempat dia dimakamkan sekarang ini di Rejenu.

Kompleks ini memang banyak mengandung misteri karena masih banyak makam yang belum dikenali. Ada pula tiga mata air yang memiliki tiga rasa khas dan boleh dibilang ajaib. Ketiga air memiliki rasa seperti minuman Sprite. Namun ketajaman rasa satu sama lain berbeda.

Air ini dipercaya mempunyai banyak khasiat. Bagi yang percaya, dengan minum air itu jiwa mereka akan menjadi lebih tenang. Rasa percaya diri mereka lebih tebal. Selain itu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Konon, dulunya mata air ini terdiri atas 4 macam yang bilamana keempat-empatnya dicampur dapat mengabulkan apapun permohonan peminumnya. Oleh Syeh Sadzali, mata air keempat ditutup. Karena tidak jarang ada peziarah yang melakukan tirakatan di sekitar Air Tiga Rasa agar mampu melihat dan mengambil air dari sumber mata air yang keempat tadi.

Oleh : Mbah Doel 081325433805

About mbahdoelmanganthi

Ingin menolong sesama yang membutuhkan uluran tangan
This entry was posted in Ziarah. Bookmark the permalink.

14 Responses to Syeh Sadzali Rejenu murid Sunan Muria

  1. winarno says:

    maaf mbah saya win mau tanya saya di kasih teman benda berupa kendi kecil yg ad didlm batu bening sebesar telur waktu ikut ziarah di rejenu dan benda itu fungsinya apa ya mbah??apakah sekedar cindramata saja trim maaf sebelumnya mbah

    • Barakallahu…Salam Mas Win…itu memang jatahnya sampeyan….bisa untuk keselamatan…multifungsi…bisa untuk kesembuhan…bisa ditayuh dulu jika berkhodham bisa ditanya namanya siapa umur berapa tahun dan dayagunanya apa….caranya ditaruh di bawah bantal ketika tidur …sebelumnya wudhu dahulu …lalu baca syahadad istigfar sholawat 100x…lalu alaa ya’lamu maa kholaqo wahuwal lathiful khobiir…100x….laa tudrikuhul abshoru wahuwa yudrikul abshoro wahuwa lathiful khobiir 100x lalu asalamu alaikum 3x sambil gebuk bantal juga 3x….lalu tidurlah dengan tenang sambil zikir dalam hati ALLAH …ALLAH sampai tertidur. Insya Allah dalam mimpi akan dikasih tahu khodamnya.

      Wasalam. Mbah Doel 081325433805

  2. agung says:

    sepertinya ada di wilayah kudus mbah

  3. ady says:

    Maaf numpang nanya yg saya maksud syeh makdum sarpin .tq

  4. Mbah yo says:

    Waduh mbah .harus di
    Kaji ulang tulisannya. Antara sunan muria dgn syeik sadzali it perbedaan thn terpaut jauh antara 400 th. Kok bs di anggap murid it bgmn tho. Tah payah mbah2. Mudeng tak ora

    • nek waduh kui tembung kelaran yo ngger…syeh sadzali di sini bukan Syeh Abul Hasan Sadzali yo ngger…namun syeh sadzali rejenu, yg artinya rejenu adalah bersedih hati ….murid sunan muria…karena beliau tidak disukai santri lainnya dikarenakan kelebihannya.hingga disingkirkan… Seperti halnya syeh nawawi al bantani itu bukan imam nawawi itu…bisa membedakan ya ngger…..salam

  5. Ahmad says:

    salam.mbah mau nanya,diatas lagi makam siapa.?apa makam syeih subagir?

  6. mbah sastro says:

    Assalamu’allaikum wr .wb , Mabh Doel aslinipun saking pundi,,??? dipun tepang aken ,
    klo Sastro asli saking Murio putunipun Alm Mbah Karto Dirono ( juru kunci dalem kasunanan murio ingkang kaping sepindah

  7. ima says:

    Mau ty mbah sy sblm ke makam syeh hasan sadli pernah memimpikan tmpt itu cm sy blm tau kl yg sy impikan itu sebuah makam , dlm mimpi sy ad yg berkata ambil’lah air ditmptku , sy cb ty ke orang” apa mimpi itu , trs sy py keyakinan kl itu ada di gunung muria , trs sy nyampai di sunan muria tp itu bkn sprti di mimpi , trs sy ty orang” kl ada makam di desa rejenu , subhanallah,,,,tmpt itu benar” yg sy impikan , tp smpai skrg sy blm tau apa firasat di dlm mimpi sy , mohon petunjuk mbah , mksh

    • Itu suatu anugerah yg luar biasa mb ima,karena tidak semua orang mendapatkan panggilan untuk sowan dari syeh hasan sadzali lewat mimpi,
      Allahu alam itu suatu jalan untuk berhubungan rohani dengan beliau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s