Candi Ngempon

Ngempon
Candi Ngempon atau disebut juga Candi Muncul adalah salah satu dari candi Hindu yang berada di wilayah Kabupaten Semarang. Candi Ngempon terletak di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, berjarak sekitar dua kilometer dari Pasar Karangjati.

Candi Ngempon terdiri atas sembilan candi, namun hanya empat saja yang telah direkonstruksi atau dibangun. Sepintas candi-candi tersebut tampak sama, namun ada satu candi yang berukuran lebih besar.

Di area sekitar candi dahulu diyakini merupakan pusat penggemblengan para kasta brahmana untuk dididik sebagai mpu, atau empu, baik di bidang, olah kanuragan, sastra budaya maupun kerohanian. Oleh karena itu, tempat situs candi tersebut berada dikenal dengan nama Ngempon, yang berasal dari kata empu atau ngempu.
Candi ini ditemukan secara tidak sengaja tahun 1952 oleh seseorang yang bernama Kasri. Saat itu beliau sedang mencangkul di sawah bersama kakeknya. Pada awal penemuan hanya ditemukan batu andesit polos berukuran 40 m2, tetapi setiap mencangkul ditemukan batu lebih banyak lagi. Selain itu juga ditemukan sepuluh buah patung, antara lain Durga, Ganesha, Kinara Kinari, dan nandi. Arca-arca tersebut berukuran satu meteran. Arca-arca tersebut kini disimpan di Museum Ronggowarsito Semarang. Saat ditemukan, batu-batu candi dalam keadaan bubrah karena terkena longsoran tanah.[1]

Pada tahun 1952 Dinas Purbakala menyusun sebuah candi dari reruntuhan tersebut. Dalam perkembangannya, pada tahun 2006 Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah menyusun lagi sebuah candi yang ukurannya lebih kecil dari yang pertama. Ditempat ini ditemukan 9 titik pondasi candi, tetapi saat ini baru 4 candi saja yang sudah selesai direkonstruksi. Candi ini pun sudah diruwat oleh Parisada Hindhu Dharma Indonesia.

Tidak jauh dari lokasi Candi Ngempon terdapat sebuah petirtaan kuna yang juga sedang dalam tahap rekonstruksi. Petirtaan tersebut berupa pemandian air hangat yang layak untuk dikunjungi.
Ngempon5

Ngempon2

Ngempon3

Secara tidak sengaja Mbah Doel 081325433805 mengadakan perjalanan astral bersama jama’ah…akhirnya terasa getaran dan terlihat sekelebat tempat yang bagus untuk berlatih karomah yaitu di sendang daerah atas.

Setelah didicari akhirnya ketemulah tempat tersebut bersama jamaah ….yaitu di daerah bergas candi ngempon…yaitu bernama sendang derekan. ndherek bhs jawa bermakna ikut/mengikuti/yg dijadikan pengikut.

Setelah berkontemplasi sejenak dengan alam sekitar candi…ternyata memang kekuatannya cukup bagus. Akhirnya jamaah sering menuju ke petirtaan tersebut untuk sekedar mandi membersihkan jiwa dan raga. Dan dikarenakan ijin Allah pun jamaah sudah ada yang bisa membeli tanah sendiri dan ada yang bisa membeli mobil.

Oleh : Mbah Doel Bangetayu Semarang 081325433805

About mbahdoelmanganthi

Ingin menolong sesama yang membutuhkan uluran tangan
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s